Bangunan
Vol 29, No 1 (2024): BANGUNAN EDISI MARET

PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MEMBUAT SOAL PILIHAN GANDA BERBASIS HOTS

Sutrisno, Sutrisno (Unknown)
Wulandari, Fadila Fitria (Unknown)
Winahyo, Antelas Eka (Unknown)
Wena, Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Serapan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang rendah sebagai salah satu indikasi relevansi pendidikan SMK belum baik. Relevansi dapat berarti kedalaman materi pembelajaran. Relevansi kedalaman dapat diakibatkan kurangnya peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi, kreativitas dan memecahkan masalah. Peningkatan kemampuan berpikir dapat dilakukan secara bertahap melalui penilaian yang tepat. Soal sebagai alat penilaian perlu dibuat dan dikembangkan oleh guru secara benar. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam membuat soal pilihan ganda berbasis ketrampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Solusi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru SMK dalam membuat soal pilihan ganda HOTS adalah melalui pelatihan. Pelatihan dilakukan terhadap sejumlah 30 guru SMK, selama tujuh kali pertemuan pada bulan Juli hingga September 2023. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa melalui pelatihan terjadi meningkatkan kemampuan professional guru SMK dalam membuat soal pilihan ganda HOTS sebesar 23 persen dan menunjukkan peningkatan yang signifikan. The low uptake of Vocational High School (SMK) graduates as an indication of the relevance of vocational education has not been good. Relevance can mean depth of learning material. Relevance depth can result from a lack of improved higher-order thinking skills, creativity and problem solving. Improvement of thinking skills can be done gradually through proper assessment. Questions as an assessment tool need to be created and developed by the teacher correctly. The purpose of this activity is to improve teachers’ ability to make multiple-choice questions based on higher-order thinking skills (HOTS). The solution to improve the ability of SMK teachers in making HOTS multiple-choice questions is through training. The training was conducted on a total of 30 vocational teachers, during seven meetings from July to September 2023. The results of the activity showed that through the training there was an increase in the professional ability of vocational teachers in making HOTS multiple-choice questions by 23 percent and showed a significant improvement.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bangunan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Bangunan terbit minimal 1 (satu) kali setahun berisi gagasan konseptual, kajian teori, praktik, penelitian, dan pengajaran dalam bidang Teknik ...