Gangguan berbahasa dan berbicara pada anak merupakan salah satu hal yang harus diketahui sejak dini. Banyak penelitian yang mengkaji tentang masalah dan dampak yang terjadi terkait dengan permasalahan berbahasa dan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan gangguan berbahasa dan berbicara pada anak. Metode penelitian yang dipilih adalah metode (SLR) Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel yang terkait dengan gangguan berbahasa dan berbicara pada anak yang diterbitkan dalam kurun waktu 2016 s/d 2023. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 13 artikel jurnal nasional yang diperoleh melalui data base Google Schoolar. Berdasarkan kajian literatur yang dilakukan didapatkan hasil bahwa terdapat banyak kasus yang dapat menyebabkan terganggunya seorang anak dalam berbahasa dan juga berbicara.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024