NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
Vol. 10 No. 1 (2023): (April 2023)

Efektivitas Penggunaan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Mayasari (Unknown)
Aisyah, Nur (Unknown)
Hermanto, Misbah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis efektivitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model Learning Cycle dengan konvensional. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen yang cocok untuk menguji pengaruh perlakuan variabel bebas terhadap variabel mediasi. Subyek penelitian berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIA (32 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelasVIB 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan adalah independent sample test dan rata-rata kemampuan berfikir siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Karena pada saat proses belajar mengajar berlangsung lebih terpusat pada peran siswa dan tidak didominasi oleh peran guru, berbeda dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) dimana guru yang berperan aktif pada saat pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nurelislam

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan the journal is published by Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education, Islamic Economics and Religious Studies. The languages used in this journal are ...