JURNAL PETIK
Vol. 5 No. 2 (2019): Volume 5 No 2 Tahun 2019

Implementasi E-learning Dengan Model Flipped Classroom Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer

Bariah, Siti Husnul (Unknown)
Rahadian, Dian (Unknown)
M, Iwan Putra Tresna (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2019

Abstract

Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan E-Learning dengan model Flipped Classroom dalam aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem computer. Dilatar belakangi atas kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X Multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods atau metode yang menggabungkan antara kuantitatif dengan kualitatif dengan menggunakan strategi sequential mixed methods. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 3 Kelas Semester 1 SMK Negeri 9 Garut dengan sampel yang diambil 1 kelas yaitu kelas X MM 1 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, dan angket yang diberikan kepada siswa maupun guru. Hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa kemampuan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer dengan materi sistem bilangan menunjukan dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 75%, menunjukan rasa ketertarikan 77%, rasa keingintahuan 78%, rasa senang 58%, rasa keaktifan 65%, rasa perhatian 58%. Kata Kunci — aktivitas belajar siswa, media pembelajaran e-learning, Flipped Classroom Abstract — This study aims to implement E-Learning with the Flipped Classroom model in student learning activities on computer systems subjects. Against the background of the lack of student learning activities on subjects in class X Multimedia computer systems. The method used in this research is Mixed Methods or methods that combine quantitative with qualitative using sequential mixed methods strategy. The population in this study were all students of class X as many as 3 Class 1 Semester 1 SMK 9 Garut with samples taken 1 class namely class X MM 1 as many as 32 students. Data collection techniques were carried out with tests of learning outcomes, and questionnaires given to students and teachers. The results of research and data analysis note that the ability of student learning activities in computer system subjects with material number systems shows a percentage of mastery learning as much as 75%, showing interest 77%, curiosity 78%, pleasure 58%, sense of activity 65%, 58% attention. Keywords — Student Learning Activities, E-Learning, Flipped Classroom.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...