Abstrak — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan salah satu unit usaha milik daerah, yang yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. Sebuah perusahaan harus mampu melayani pelanggannya dengan semaksimal mungkin. Namun pada perakteknya masih banyak PDAM di daerah yang masih melayanin pelanggannya menggunakan sistem manual, sehingga akan terjadi penumpukan dokumen dan susah dalam pencarian dokumen yang di butuhkan. Termasuk dalam proses pendaftaran pemasangan PDAM, ada beberapa yang masih menggunakan manual. Dengan proses manual ini ditemukan masalah seperti tidak terkontrolnya pendaftar atau tidak diketahuinya sebaran dari pelanggan yang ingin memasang PDAM baru. Dengan adanya sistem informasi pemasangan PDAM berbasis web seorang admin tinggal menginputkan data pemohon yang akan memasang PDAM berbasis web sehingga data akan tersimpan rapih dalam sebuah database yang mudah juga untuk melakukan pencarian data. Dari hasil penelitian disimpulan dengan adanya sistem informasi ini dapat memberikan kemudahan dalam peroses input data maupun pengolahan date menjadi laporan sehingga layanan yang dilakukan PDAM menjadi lebih baik. Kata Kunci — Sistem, Informasi, Pemasangan PDAM Abstract — Regional Drinking Water Company (PDAM) is one of the regional-owned business units, which is engaged in the distribution of clean water to the general public. A company must be able to serve its customers to the maximum extent possible. However, in practice there are still many PDAMs in the regions that still serve their customers using a manual system, so there will be a buildup of documents and it will be difficult to find the documents needed. Included in the PDAM installation registration process, there are some who still use manuals. With this manual process, problems were found, such as uncontrolled registration or unknown distribution of customers who wanted to install a new PDAM. With the web-based PDAM installation information system an admin just needs to input the applicant's data which will install the web-based PDAM so that the data will be stored neatly in a database that is also easy to conduct data searches. From the results of the study concluded that the existence of this information system can provide convenience in processing data input and processing the date into a report so that the services provided by the PDAM are better.
Copyrights © 2019