JURNAL PETIK
Vol. 3 No. 2 (2017): Volume 3 No 2 Tahun 2017

Implikasi Profesionalisme Guru Terhadap Pengembangan Karakter Peserta Didik Di SMP Fauzaniyyah Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut

Masykur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2017

Abstract

Abstrak — Penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan dalam pembelajaran di sekolah, di antaranya banyak guru yang dari segi profesionalismenya masih rendah, sehingga hal ini akan berdampak buruk pada pengembangan karakter peserta didik, padahal guru merupakan orang yang memiliki peran sangat penting dalam pembentukan dan pengembangan karakter peserta didik.Hal ini tentunya menimbulkan asumsi bahwa semakin tinggi profesionalisme guru maka karakter peserta didik akan semakin berkembang dengan baik. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui seberapa besar implikasi profesionalisme guru terhadap pengembangan karakter peserta didik khusunya di sekolah yang diteliti yaitu di SMP Fauzaniyyah yang berada di desa Sukaresmi, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut.Permasalahan dalam penelitian ini penulis batasi sebagai berikut: (1) Bagaimana tingkat profesionalisme guru di SMP Fauzaniyyah, Sukaresmi?; (2) Bagaimana karakter peserta didik di SMP Fauzaniyyah, Sukaresmi?; (3) Bagaimana strategi pengembangan karakter peserta didik di SMP Fauzaniyyah, Sukaresmi ?; (4) Bagaimana implikasi profesionalisme guru terhadap pengembangan karakter peserta didik di SMP Fauzaniyyah, Sukaresmi? Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, angket dan studi literatur. Berdasarkan hasil analisis terhadap data yang terkumpul, maka penulis menarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1)Profesionalisme guru di SMP Fauzaniyyah Sukaresmi, Garut, berdasarkan hasil analisis statistik berada pada pada taraf baik dengan perhitungannya sebagai berikut: 1977:30:16 = 4,1. Nilai tersebut berada pada kategori baik karena berada pada rentang antara 3,5 – 4,5 dengan kategori baik. (2) Karakter peserta didik di SMP Fauzaniyyah Sukaresmi berdasarkan hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai variabel pengembangan karakter peserta didik di SMP Fauzaniyyah Sukaresmi, Garut berkategori baik dengan perhitungan sebagai berikut: 1992:30:16 = 4,15. Nilai tersebut berada pada rentang antara 3,5 – 4,5 dengan kategori baik. (3)Implikasi profesionalisme guru terhadap pengembangan karakter peserta didik di SMP Fauzaniyyah Sukaresmi, Garut, berdasarkan hasil analisis statistik mempunyai implikasi yang cukup, hal ini terbukti dengan hasil uji korelasi dari kedua variabel yang diperoleh koefisien korelasi 0,49. Koefisien tersebut berada pada koefisien 0,41 – 0,60, yaitu korelasi yang cukup.(4) Berdasarkan hasil uji hipotesis thitung dan ttabel diperoleh hasil bahwa thitung >ttabel, yaitu 3,24 > 2,05 dengan derajat kebebasan 27 taraf signifikansi 0,05 (5%). Hal ini berarti bahwa variabel X (profesionalisme guru) mempunyai hubungan yang cukup signifikan dengan variabel Y (pengembangan karakter peserta didik). Kata Kunci — Profesionalisme, Guru, Karakter, Peserta didik

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...