JURNAL PETIK
Vol. 10 No. 2 (2024): Volume 10 No 2 September 2024

Pengembangan Sistem Informasi Peminjaman Aula Gedung Rektorat Berbasis WEB Dengan Model Prototype

bariah, siti husnul (Unknown)
santi (Unknown)
Kuntum An Nisa Imania (Unknown)
Yuniar Purwanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Abstrak Sarana dan prasarana adalah salah satu hal penting untuk mendukung kegiatan di lingkungan kampus yang menjadi salah satu penunjang keberhasilan untuk berbagai kegiatan akademik maupun non-akademik. Tentunya keberhasilan tersebut dapat dicapai apabila ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai disertai dengan pengelolaan dan pelayanan yang baik. Dengan kehadiran sistem informasi berbasis online pada suatu organisasi tentunya dapat memperbaiki proses-proses konvensional agar semakin efektif dan efisien yang secara real team dan dapat diakses kapanpun dan dimanpun. Pada penelitian ini akan mengambil studi kasus di sebuah kampus swasta di Garut yaitu Institut Pendidikan Indonesia yang masih menerapkan sistem peminjaman aula gedung rektorat secara konvensional yang ditemukan beberapa kekurangan yaitu adanya miskomunikasi, bagian sarana dan prasarana yang terkadang tidak ada di ruangan dan dalam hal pengarsipan surat. Kebutuhan akan informasi mengenai ketersediaan aula gedung rektorat di Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut untuk kegiatan internal secara real time dibutuhkan oleh himpunan mahasiswa untuk menunjang kegiatan organisasi. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk mengembangkan sebuah prototype sistem informasi peminjaman aula gedung rektorat berbasis web. Hasil dari pengembangan prototype ini berupa perancangan system yang terdiri dari activity diagram, use case diagram, rancangan ERD (Entity Relationship Diagram) dan desain antarmuka berbasis web. Kata Kunci: Sistem Informasi; Website; Prototipe; Peminjaman Aula Gedung Rektorat   Abstract Facilities and infrastructure are one of the important things to support activities in the campus environment which are one way to support the success of various academic and non-academic activities. Of course, this success can be achieved if adequate facilities and infrastructure are available accompanied by good management and service. With the presence of an online-based information system in an organization, it can certainly improve conventional processes to make them more effective and efficient in a real team manner and can be accessed anytime and anywhere. In this research, we will take a case study at a private campus in Garut, namely the Indonesian Education Institute, which still applies a conventional system of borrowing the halls of the rectorate building which found several shortcomings, namely miscommunication, parts of facilities and infrastructure that were sometimes not in the room and in terms of archiving letters. . The need for information regarding the availability of the rectorate building at the Indonesian Education Institute (IPI) Garut for internal activities in real time is needed by student associations to support organizational activities. Therefore, the researcher intends to develop a prototype of a web-based rectorate hall funding system. The results of developing this prototype are a system design consisting of activity diagrams, use case diagrams, ERD (Entity Relationship Diagram) designs and web-based interface designs. Keywords: Information Systems; Website; Prototype; Borrowing of the Rectorate Hall

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...