Generasi Z merupakan kaum Digital Native atau mereka yang sejak dini telah berdampingan dengan teknologi. Media teknologi cukup berperan besar dalam suatu kontestasi politik di Indonesia. Instagram merupakan salah satu teknologi yang sering digunakan oleh muda-muda, khususnya untuk mengetahui berita terkait politik. Generasi-Z cenderung diperebutkan dalam situasi kontestasi politik mengingat jumlahnya yang cukup besar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh ruang publik instagram terhadap respon Generasi-Z di Kota Salatiga dalam kontestasi Pilpres 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksplanatif. Berdasarkan temuan yang didapat sebanyak 81,9% dari 91,5% Generasi-Z di Kota Salatiga menyatakan bahwa instagram berpengaruh pada hak pilih mereka dalam kontestasi Pilpres tahun 2024. Hal tersebut menunjukkan bahwa suatu ruang publik dapat berpengaruh dalam sistem demokrasi suatu negara
Copyrights © 2024