Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana realitas kehidupan pedagang pakaian konvensional di Pasar Panorama Bengkulu serta dampak maraknya belanja online pada usaha pedagang konvensional dan strategi bertahan pedagang konvensional di Pasar Panorama Kota Bengkulu di tengah maraknya belanja online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Dampak yang ditimbulkan oleh maraknya belanja online pada usaha pedagang konvensional yaitu dampak positif dan negatif. Dampak postif yaitu menambah semangat para pedagang dan semakin gencar dalam meningkatkan jualannya. sedangkan dampak negatif yaitu penurunan jumlah pembeli, pendapatan dan kalah persaingan dengan pedagang online. 2). Strategi yang dilakukan pedagang dalam mempertahankan usahanya yaitu dianataranya melakukan pembaruan usaha mengikuti tren model terbaru, meningkatkan pelayanan pada pembeli. Selain ketiga strategi tersebut para pedagang juga mengandalkan modal sosial yang mereka miliki seperti kepercayaan, normal sosial, dan strategi jaringan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024