Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model bisnis Franchise dalam pemasaran yang berhubungan dengan demografi sosial manusia. Produk pasar dan sistem bisnis yang dikelola dan diterapkan oleh franchisor berfokus pada komoditas yang dipasarkan sehari-hari. Pengukuran yang dilakukan pada produk-produk pasar selanjutnya diasimilasikan dalam pengelolaan franchise. Penelitian yang dilakukan di lingkungan Universitas Alwasliyah ini menerapkan teknik purposive sampling dengan metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah tiga franchisor yang telah beroperasional diatas 5 tahun. Selama 3 bulan pengambilan data dilakukan dengan mensurvei dan memberikan kuestioner (angket) baik kepada pengelola maupun konsumen pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 8 kriteria pasar dalam model bisnis franchise yang ditentukan terdapat 4 faktor yang berperan dalam faktor internal dan eksternal yaitu pelayanan, kenyamanan, harga dan promosi produk. Analisis model bisnis franchise juga menunjukkan demografi sosial sangat berpengaruh dalam mengoptimalkan pasar yang berkualitas. Sehingga para pengelola pasar perlu memperhatikan tata cara pengelolaan pasarnya proses dan komitmen etika bisnis/ kerja yang ditetapkan.
Copyrights © 2024