Hambatan yang dialami peserta didik dalam belajar matematika menyebabkan terjadinya kesalahan saat menyelesaikan soal matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesalahan peserta didik kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi luas permukaan bangun ruang sisi datar menggunakan teori kastolan, yang terdiri dari kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 14 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023 yang meliputi 18 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, non tes, dan wawancara. Tes merupakan soal tentang materi luas permukaan bangun ruang sisi datar, dan non tes merupakan dokumentasi hasil jawaban peserta didik. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi yang lebih akurat mengenai pendapat peserta didik dalam menyelesaikan soal luas permukaan bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan tertinggi ada pada indikator menentukan luas permukaan limas. Persentase kesalahan tertinggi terdapat pada kesalahan konseptual. Kesalahan ini disebabkan peserta didik cenderung menghafal rumus, belum dapat membedakan antar bangun ruang sisi datar lainnya, dan peserta didik tidak memahami konsep luas permukaan bangun ruang sisi datar.
Copyrights © 2024