cover
Contact Name
Nirna Nirmala
Contact Email
nnirmala@unis.ac.id
Phone
+6281807060025
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Maulana Yusuf Babakan Kota Tangerang
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
JIPIS
ISSN : 02162830     EISSN : 26860147     DOI : https://doi.org/10.33592/jipis
Core Subject : Education,
JIPIS diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dengan P-ISSN 0216-2830 dan E-ISSN 2686-0147. JIPIS terbit dua kali setiap tahun, yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember. JIPIS menerima artikel berbahasa Indonesia atau Inggris yang berupa hasil penelitian maupun telaah teoritis di bidang ilmu pendidikan dan ilmu sosial.
Articles 103 Documents
ANALISIS TEORI RELEVANSI DALAM ACARA ‘INI TALKSHOW’ SEBAGAI KRITIK TERHADAP PRINSIP KERJASAMA GRICE Megawati Megawati
JIPIS Vol 26 No 2: Januari - Juni 2018
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v26i2.91

Abstract

AbstractThis article aims to analyze “Ini Talkshow” programme as a criticism toward Grice’s Cooperation Principle in communication. The data was collected from recording of Net television station, it is “Ini Talkshow” programme. Data analysis used qualitative descriptive by data transcript and was analyzed using Theory of Relevancy of Daniel Sperber dan Deirdre Wilson. The result indicates the utterances in “Ini Talkshow” program is relevant and meaningful utterances although these utterances step out of line of four maxim of communication in Grice’s Cooperation Principle. “Ini Talkshow” utterances have a contextual effect and extension of similarity cognitive environment as the result of interaction of new information and previous information between addresser and addressee. Keywords: cognitive environment, contextual effect, Grice’s cooperation principle, theory of relevancy AbstrakArtikel ini bertujuan untuk menganalisis program “Ini Talkshow” sebagai kritik terhadap prinsip kerjasama Grice dalam komunikasi. Data Dikumpulkan dari rekaman stasiun televisi Net, program yaitu Ini Talkshow. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan transkrip data dan dianalisis menggunakan Teori Relevansi dari Daniel Sperber dan Deidre Wilson. Hasilnya mengindikasikan bahwa ujaran-ujaran dalam program Ini Talkshow adalah ujaran yang relevan dan bermakna walaupun ujaran-ujaran tersebut diluar dari teori komunikasi dari Prinsip kerjasama Grice. Ujaran-ujaran Ini Talkshow memiliki pengaruh kontekstual dan perluasan kesamaan lingkungan kognitif sebagai hasil dari interaksi informasi sebelumnya antara pengirim dan penerima.Kata kunci: lingkungan kognitif, pengaruh kontekstual, prinsip kerjasama Grice, Teori relevansi.
TIPE DAN POLA PEMBENTUKAN SIKAP WATHANIYAH (KEBANGSAAN) YANG DILAKUKAN DI LINGKUNGAN PESANTREN AL-HIKAMUSSALAFIYAH CIPULUS PURWAKARTA Zindan Baynal Hubi
JIPIS Vol 26 No 2: Januari - Juni 2018
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v26i2.65

Abstract

Pesantren tradisional sebagai sebuah basis kultural Nahdaltul Ulama, selama ini lembaga pendidikan tertua di Indonesia tersebut, didalam konteks akademis seringkali ditampikkan peranannya dan cenderung mempunyai ‘prasangka ilmiah’). Hal itu justru berbanding terbalik dengan pengkajian lembaga pendidikan Islam yang berafiliasi dengan kalangan Islam  modernis. Kalangan pesantren yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama, padahal didalam konteks sejarah mempunyai peranan yang signifikan, utamanya dalam menanamkan sikap kebangsaan serta persatuan dan kesatuan bangsa. Tercatat didalam sejarah beberapa peristiwa yang diprakaarsai  kelangan tradisionalis pesantren, baik sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia, seperti piagam kebangsaan, resolusi jihad, keputusan muktamar mengenai dasar negara dan sebagainya. Didalam membina  sikap kebangsaan serta persatuan dan kesatuan, uniknya rasa sikap tersebut justru dikuatkan berdasar kepada tradisi ajaran Islam yang selama ini cenderung diperdebatkan. Fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji  lebih jauh bagaimana tipe pola pembentukan sikap wathaniyah (kebangsaan) yang dihabituasikan di lingkungan pesantren, terlebih lagi bagaimana penyelarasan sikap kebangsaan yang dilegitimasikan oleh ajaran Islam tersebut dilingkungan pesantren. Pendekatan peneitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus Purwakarta. Pesantren tersebut dipilih tidak lain merupakan salah satu pesantren tradisional terbesar dan tertua di Jawa Barat berdiri sejak 1840. Kemudian ditengah menurunnya rasa akan sikap kebangsaan serta rasa persatuan dan kesatuan, sudah seharusnya bahwa penanamaran rasa sikap kebangsaan dan penguatan persatuan kesatuan sebagai sebuah bangsa, harus terus dikuatkan kembali terhadap setiap individu..Keywords:Tipe Pola, Nilai Islam, Pesantren
PENGARUH REVIEWS ONLINE TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI SHOPEE.CO.ID MELALUI KEBUTUHAN KOGNISI (SURVEI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN GAMA TANGERANG) Aniek Widiarti; Ati Yulia
JIPIS Vol 28 No 2: Juli - Desember 2019
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v28i2.323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reviews online tehadap minat beli (1) pengaruh kebutuhan kognisi terhadap minat beli (2) pengaruh reviews online dan kebutuhan kognisi secara bersama-sama terhadap minat beli (3). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang bersifat deskriptif-korelasional dengan pendekatan elaboration likelihood models (ELM). Populasi pada pelajar SMK Gama Tangerang yang menggunakan aplikasi Shopee.co.id. sampel sebanyak 120 responden dengan teknik judgement sampling. Uji validitas menggunakan Pearson sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis jalur (path) dengan bantuan analisis regresi berganda dan uji sobel menggunakan SPSS versi 21.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reviews online berpengaruh positif terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi 0.000˂0.05. Elaboration likelihood models dalam pendekatan deskripsif yang dikembangkan dalam penelitian menunjukkan bahwa pelajar di SMK Gama Tangerang lebih mengandalkan central route. Kebutuhan kognisi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi 0.062˃0.05. Reviews online dan kebutuhan berpengaruh positif terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi 0.000˂0.05 dan terdapat pengaruh tidak langsung reviews online terhadap minat beli yang di mediasi secara parsial oleh kebutuhan kognisi sebesar 0.154.
Analisis TindakTutur Direktif dan Ekspresif serta Kesantunan Berbahasa dalam Percakapan Tokoh Novel Pulang Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Siswa Kelas X SMAN Kabupaten Tangerang Verawati Fajrin
JIPIS Vol 28 No 1: Januari - Juni 2019
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v28i1.101

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuturan percakapan tokoh dalam Novel Pulang karya Tere Liye yang didalamnya digambarkan dengan situasi dan kondisi yang berbeda-beda sehingga sangat memungkinkan terjadi ujaran-ujaran yang mengandung makna tersirat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan wujud tindak tutur direktif yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye; (2) Mendeskripsikan wujud tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye; (3) Mendeskripsikan wujud strategi kesantunan berbahasa Brown dan Levinson yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye; dan (4) Mendeskripsikan penerapan hasil penelitian tindak tutur direktif, ekspresif, serta kesantunan berbahasa yang terdapat dalam percakapan tokoh novel Pulang karya Tere Liye sebagai bahan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia siswa Kelas X SMAN Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Pulang karya Tere Liye, cetakan keempat Oktober tahun 2015. Data dalam penelitian ini adalah tuturan-tuturan yang termasuk tuturan ilokusi yang berwujud direktif dan ekspresif serta kesantunan berbahasa. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh 229 data. Berdasarkan pembahasan hasil analisis data, dikemukakan simpulan sebagai berikut: (1) Wujud tindak tutur direktif yang ditemukan sebanyak 99 tuturan; (2) Wujud tindak tutur ekspresif yang ditemukan sebanyak 58 Tuturan; (3) Wujud strategi kesantunan berbahasa yang ditemukan sebanyak 72 data; dan (4) Hasil analisis dan temuan penelitian ini dapat dimanfaatkan khususnya untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di SMA Kelas X semester 2.Kata kunci : tindak tutur, strategi kesantunan berbahasa, novel Pulang AbstractThis research was background by their utterances conversation figures in the novel Pulang works of Tere Liye in which depicted the situation and conditions different so it is possible occur utterances which contain implied meaning. The purpose of this research are (1) to describe a form of directive speech acts contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye, (2) to describe a form of expressive speech acts contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye, (3) to describe a form of strategy politeness Brown and Levinson contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye, and (4) Describe the application of research results of directive, expressive speech acts and politeness contained in conversational figures in the novel Pulang works Tere Liye as a learning Indonesian language and literature class student X SMAN Tangerang District. This research used descriptive qualitative method. The data collection technique used is the technique of literature, refer techniques and note technique. Data analysis technique used is content analysis. Sources of data in this research is novel Pulang work Tere Liye, fourth printing in October 2015. The data in this research are speechs that includes tangible directive illocutionary speech and expressive as well as politeness. Based on research findings show there are 229 data. Based on the discussion of the results of the data analysis, put forward the following conclusions: (1) The form of a directive speech acts found there are 99 utterances; (2) The form of expressive speech acts found there are 58 utterances; (3) The form of politeness strategies found there are 72 of the data; (4) The results of the analysis and findings of this research can be used in particular to create a lesson plan (RPP) High School Class X wrote in the 2nd half.Keywords: speech acts, politeness strategies, novel Pulang
THE EFFECT OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TECHNIQUE ON STUDENTS’ WRITING SKILL Lastry Forsia
JIPIS Vol 27 No 1: Juli - Desember 2018
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v27i1.85

Abstract

AbstractThe aim of this research is to compare the effect of two methods in improving students’ writing skill. Those were between conventional method that was usually used in that school and Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) technique. This research was conducted at SMAN 15 Tangerang by using experimental research. The population of the research was 321 students and the sample was 76 students from the tenth grade. The data collected by the pre test, treatment and post test. The data was analyzed by using t-test formula. The result of the research showed that t count (2,72) was higher than ttable (2). It could be concluded that there was a significant effect of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)Technique in teaching writing recount text on the students’ writing skill. Then, CIRC technique could help students to focus and develop their product writing.Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition, CIRC, experimental research, writing skillAbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan efektifitas dua metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, yaitu antara metode konvensional dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dilakukan di SMAN 15 Tangerang dengan metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 321 siswa kelas sepuluh dan 76 siswa dipilih sebagai sampel. Data penelitian ini dieoleh dari pre test, perlakuan, dan post-test. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (2,72) lebih tinggi dari ttabel (2). Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memberikan efek signifikan tuntuk meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa. Selain itu, teknik CIRC membantu siswa lebih fokus dan dapat meningkatkan kemampuan menulisnya.Kata kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, CIRC, penelitian eksperimen, kemampuan menulis
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X IIS 5 SMA NEGERI 1 MALILI (STUDI PADA MATERI POKOK IKATAN KIMIA) Andi Taufik Umar
JIPIS Vol 28 No 2: Juli - Desember 2019
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v28i2.320

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan Learning Together (LT) dengan pendekatan Konstruktivisme untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa Kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Malili. Ada empat tahapan dalam penelitian ini, yaitu: (1) perencanaan, (2) implementasi (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil data menunjukkan bahwa pembelajaran LT dengan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas X IIS 5 SMA Negeri 1 Malili, Kabupaten Luwu Timur yang terdiri dari 6 fase, yaitu: (1) fase pendahuluan, (2) fase penyajian materi, (3) fase diskusi, (4) fase presentasi, (5) fase penghargaan, dan (6) ) fase pemberian kesimpulan. Persentase aktivitas siswa meningkat sebesar 28,20%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 85,24 dengan hasil belajar penguasaan meningkat sebesar 59,52%.
THE EFFECT OF TEACHER CERTIFICATION ON TEACHERS’ PERFORMANCE AT SMAN 21 KABUPATEN TANGERANG Ah. Cahyadi
JIPIS Vol 26 No 2: Januari - Juni 2018
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v26i2.92

Abstract

AbstractThis research investigates the effect of teacher certification on the teachers’ performance in the form of qualitative study. The research was carried out in SMA N 21 Kabupaten Tangerang from August to October 2018. The sources of the data are events, informants, and written documents. The data are collected through naturalistic observation, in-depth interview, and document analysis. In analyzing the data, the writer uses interactive model analysis including reducing the data, presenting the data, and drawing conclusion. The result of the research shows that (1) the teachers at SMA N 21 Kabupaten Tangerang create teaching and learning activities which bring about fun and cooperative way of learning, use various interesting materials and media, and conduct evaluation that promotes students’ learning (2) although in general the teachers at SMA N 21 Kabupaten Tangerang can be considered as professional teachers, there are still some points which need improvement in order to conduct more effective teaching and learning process. They are: the lesson planning and the variety of teaching and learning activity. Based on the research findings, the writer concludes that the teacher certification gives a partial effect on the quality of teaching and learning process at SMA N 21 Kabupaten Tangerang.Keywords: teacher certification, teachers’ performance AbstrakPenelitian ini membahas pengaruh sertifikasi guru pada kinerja guru dalam bentuk studi kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA N 21 Kabupaten Tangerang dari Agustus hingga Oktober 2018. Sumber data adalah peristiwa, informan, dan dokumen tertulis. Data dikumpulkan melalui observasi naturalistik, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis model interaktif termasuk mengurangi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru-guru di SMA N 21 Kabupaten Tangerang menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menghadirkan cara belajar yang menyenangkan dan kooperatif, menggunakan berbagai bahan dan media yang menarik, dan melakukan evaluasi yang mempromosikan pembelajaran siswa (2 ) walaupun secara umum para guru di SMA N 21 Kabupaten Tangerang dapat dianggap sebagai guru yang profesional, masih ada beberapa poin yang perlu ditingkatkan untuk melakukan proses belajar mengajar yang lebih efektif, yaitu: perencanaan pelajaran dan beragamnya pengajaran dan pengajaran. kegiatan belajar. Berdasarkan temuan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa sertifikasi guru memberikan pengaruh parsial terhadap kualitas proses belajar mengajar di SMA N 21 Kabupaten Tangerang.Kata kunci: kinerja guru, sertifikasi guru
THE EFFECT OF USING GRAPHIC ORGANIZERS AND ESTAFET WRITING IN TEACHING WRITING AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 20 KABUPATEN TANGERANG IN THE ACADEMIC YEAR 2018/2019 Nensi Arfika Dewi; Hiqma Nur Agustina; Nirna Nirmala
JIPIS Vol 27 No 1: Juli - Desember 2018
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v27i1.80

Abstract

AbstractThe aims of this research are to find out the significant effect of using graphic organizers on improving students writing ability, to find out the significant effect of using estafet writing on improving students writing ability, and to find out that graphic organizers has significant effect than estafet writing on improving students writing ability in teaching writing. The population of this research was the eleventh grade students at SMAN 20 Kabupaten Tangerang. The sample are 60 students of XI IPS 3 and XI IPS 4. This research used quasi experimental group - non-equivalent control group design. The result of this research are: (1) The mean of the students’ score in teaching writing that was taught by using graphic organizers was 83.87 higher than before treatment. (2) The mean of the students’ score in teaching writing that was taught by using estafet writing was 78.53 higher than before treatment. (3) The result showed that graphic organizers technique has more significant effect than estafet writing technique. Therefore, graphic organizers is recommended for senior high school.Keywords: estafet writing, graphic organizers, writing ability AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh dari penggunaan graphic organizers terhadap peningkatan kemampuan menulis siswa, untuk menemukan pengaruh penggunaan menulis berantai terhadap peningkatan kemampuan menulis siswa, dan untuk membuktikan bahwa graphic organizers memiliki pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan menulis berantai terhadap peningkatan kemampuan menulis siswa dalam pengajaran menulis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMAN 20 Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa XI IPS 3 dan XI IPS 4. Penelitian ini menggunakan kelompok quasi experimental – non – equivalent grup kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) mean dari nilai siswa dalam pengajaran menulis yang diajarkan dengan menggunakan graphic designers adalah 83,8 lebih tinggi dari sebelum diberikan tindakan. (2) mean dari nilai siswa dalam pengajaran menulis yang diajarkan dengan menggunakan menulis berantai adalah 78,53 lebih tinggi dari sebelum diberikan tindakan. (3) hasil penelitian menunjukan bahwa teknik graphic organizers memiliki pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan teknik menulis berantai. Oleh karena itu, graphic organizers direkomendasikan untuk sekolah menengah atas.Kata kunci: graphic organizers, kemampuan menulis, menulis berantai.
THE ROLE OF YOUTH ORGANIZATIONS AS A POLITICAL EDUCATION MEANS IN IMPROVING YOUTH POLITICAL PARTICIPATION IN 2018 REGIONAL ELECTION IN BANDUNG CITY Dadan Rizwan Fauzi
JIPIS Vol 28 No 1: Januari - Juni 2019
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v28i1.139

Abstract

ABSTRACTThis study tried to explain the role of interest groups, as one component of the political system in Indonesia. The research questions in this studyare how the regeneration mechanism was carried out by Youth Organizations in the process of political education as an effort to improve youth political participation in the 2018 regional election in Bandung, what programs were carried out by Youth Organizations in the process of political education as an effort to increase youth political participation in the 2018 regional election in Bandung, how the success of the Youth Organization program in the process of political education as an effort to improve youth political participation in the 2018 regional election in Bandung was, what obstaclesfaced by Youth Organizations in efforts to improve youth political participation in the 2018 regional election in Bandung were, how the efforts of the Youth Organization to overcome the obstacles faced in increasing youth political participation in the 2018 regional election in the city of Bandung were. In this study, the Grand Theory of Robert Brownhill and Patrice Smart was used regarding political education. The approach of this research was qualitative with a case study method. Primary data collection wascarried out technically through observation, and in-depth interviews. While secondary data collection was carried out through extensive documentary data analysis.Keywords: Youth Organization, KNPI, Political Education, Youth Political ParticipationABSTRACT  This study tried to explain the role of interest groups, as one component of the political system in Indonesia. The research questions in this studyare how the regeneration mechanism was carried out by Youth Organizations in the process of political education as an effort to improve youth political participation in the 2018 regional election in Bandung, what programs were carried out by Youth Organizations in the process of political education as an effort to increase youth political participation in the 2018 regional election in Bandung, how the success of the Youth Organization program in the process of political education as an effort to improve youth political participation in the 2018 regional election in Bandung was, what obstaclesfaced by Youth Organizations in efforts to improve youth political participation in the 2018 regional election in Bandung were, how the efforts of the Youth Organization to overcome the obstacles faced in increasing youth political participation in the 2018 regional election in the city of Bandung were. In this study, the Grand Theory of Robert Brownhill and Patrice Smart was used regarding political education. The approach of this research was qualitative with a case study method. Primary data collection wascarried out technically through observation, and in-depth interviews. While secondary data collection was carried out through extensive documentary data analysis.Keywords: Youth Organization, KNPI, Political Education, Youth Political Participation
THE EFFECTS OF MIND MAPPING TECHNIQUE TOWARDS STUDENTS` WRITING ARTICLE SKILL AT SMA NEGERI 14 KABUPATEN TANGERANG IN ACADEMIC YEAR 2017/2018 Achmad Fachrurrozy
JIPIS Vol 26 No 2: Januari - Juni 2018
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM SYEKH YUSUF TANGERANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33592/jipis.v26i2.86

Abstract

Abstract This paper reports a study the effect of Mind Mapping technique towards students` writing article skill. The population in this research is all 10th grade students of SMAN 14 Kab. Tangerang. They are 240 students. The sample of this research is about 30 students which is taken from students who join English Club in the school. The research used experiment method where pre-test post test model was implemented. There were two kinds of tests; pre-test and post test to collect the data.Keywords: mind mapping, writing articles, writing skill  AbstrakMakalah ini menyajikan laporan pengaruh dari teknik Mind Mapping terhadap keterampilan menulis artikel siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 10 SMAN 14 Kab. Tangerang. Mereka adalah 240 siswa. Sampel penelitian ini adalah sekitar 30 siswa yang diambil dari siswa yang bergabung dengan Klub Bahasa Inggris di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dimana model pre-test post test diimplementasikan. Ada dua macam tes; pre-test dan post test untuk mengumpulkan data.Kata kunci: keterampilan menulis, menulis artikel, mind mapping

Page 1 of 11 | Total Record : 103