Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 5 No 01 (2023): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2023 - November 2023

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN RELASIONAL PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF DIRECTED LEARNING

Bince Kumanireng, Lusia (Unknown)
Kiang Lagamakin, Arkadius (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman relasional peserta didik ditinjau dari self directed learning. Jenis Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang dilakasanakan di SMA Negeri 1 Larantuka pada peserta didik kelas X MS 1 berjumlah peserta didik, yakni orang yang memiliki self directed learning tinggi, orang dengan self directed learning sedang, dan orang dengan self directed learning rendah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket self directed learning, soal tes kemampuan pemahaman relasional dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik yang memiliki kemampuan self directed learning pada tingkat tinggi dapat memenuhi tiga indikator kemampuan pemahaman relasional yakni, 1) peserta didik mengetahui konsep yang sesuai dengan soal yang diberikan; 2) menerapkan suatu metode dan prosedur yang sesuai dengan permasalahan yang diberikan; 3) mampu menjelaskan alasan penggunaan metode dan prosedur tersebut. Sedangkan, self directed learning pada tingkat sedang memenuhi indikator point 1 dan point 2; Self directed learning pada tingkat rendah hanya memenuhi indikator point 1

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...