Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 10 No. 2 (2024)

Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Kelas II SDN 2 Karang Bayan Tahun Ajaran 2023/2024

Sumarlin, Iin (Unknown)
Affandi, Lalu Hamdian (Unknown)
Hidayati , Vivi Rachmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa kelas II dalam menyelesaikan soal perkalian di SDN 2 Karang Bayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II dan guru kelas II SDN 2 Karang Bayan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan data ditempuh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes yang diberikan berjumlah 3 butir soal uraian materi perkalian. Analisis data dalam penelitian ini berdasarkan analisis tematik yang meliputi mengenali data, membuat kode data awal, mecari tema, meninjau tema, mendefinisikan dan menamakan tema, hingga menghasilkan laporan. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan tes dianalisis berdasarkan indikator pemecahan masalah Polya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian, yaitu 1) pada tahap memahami masalah, kesulitan yang dialami siswa berupa kesulitan mengidentifikasi masalah, memahami masalah dengan benar, dan tidak menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam masalah; 2) pada tahap merencanakan penyelesaian masalah, kesulitan yang dialami siswa, yaitu tidak memiliki rencana penyelesaian masalah dan kesulitan dalam menentukan operasi hitung yang digunakan; 3) pada tahap penyelesaian masalah, kesulitan yang dialami siswa, yaitu kesulitan dalam menyelesaikan maslah sesuai dengan rencana dan melakukan operasi hitung dengan benar; 4) pada tahap memeriksa kembali jawaban, kesulitan yang dialami siswa, yaitu kesulitan dalam menarik kesimpulan dari jawaban yang diperoleh dan mengecek kembali perhitungan yang diperoleh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...