Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 10 No. 2 (2024)

Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMP Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Ningrum, Anindya Kirana Putri (Unknown)
Yuhana, Yuyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. nstrumen adalah alat ukur dalam sebuah penelitian. Sebelum digunakan instrumen harus melewati proses analisis agar menghasilkan instrumen penelitian yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, reabilitas serta keefektifan instrumen tes kemampuan berpikir reflektif siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate) yang dikembangkan oleh Lee dan Owens. Tahapan pada model ADDIE yaitu 1) analisis kebutuhan (Analysis); 2) rancangan produk (Design); 3) pengembangan produk (Development) yang juga divalidasi oleh para ahli; 4) implementasi (Implementation); dan 5) evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian ini mengindikasikan temuan dalam penelitian yaitu, validitas instrumen setiap butir soal menunjukkan bahwa kelima butir soal valid, reliabilitas instrumen sebesar 0.722 yang menunjukan ketegori baik dan keefektifan instrumen terdapat skor 76.78 yang memiliki tingkat efektivitas sedang. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen tes kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar valid, reliabel dan efektif digunakan untuk menilai kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VIII SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...