Inculco Journal of Christian Education
Vol 4, No 2 (2024): Vol 4, No. 2 (2024): Juni 2024

PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MASYARAKAT MAJEMUK: MEMBANGUN KEPEMIMPINAN DAN NILAI-NILAI KRISTEN

Waruwu, Christien Sekar Mawarni (Unknown)
Karokaro, Sri Ulina (Unknown)
Mbuha Jarang, Aris Katanga (Unknown)
Babawat, Herles (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Masyarakat majemuk dengan beragam budaya, agama, dan asal usul sosial merupakan fenomena yang semakin umum di dunia modern. Artikel ini membahas tentang pentingnya pendidikan agama Kristen dalam konteks masyarakat yang majemuk. Pendidikan agama Kristen berfungsi sebagai jembatan pemahaman antar individu yang berbeda latar belakang, memfasilitasi terciptanya toleransi, saling pengertian dan kerjasama dalam masyarakat majemuk. Nilai-nilai Kristiani seperti kasih, belas kasihan, dan keadilan berperan penting dalam melatih para pemimpin Kristiani untuk menghadapi tantangan masyarakat yang majemuk. Artikel ini menguraikan perbedaan antara pendidikan agama Kristen dan praktik keagamaan Kristen dengan tujuan menjaga keseimbangan antara hak individu untuk memegang keyakinan pribadi dan upaya untuk memahami dan menghormati budaya dan agama lain dalam masyarakat majemuk. Metode penelitian yang digunakan adalah  deskriptif dan analitis data untuk mendeskripsikan permasalahan, tujuan, nilai-nilai Kristiani dalam kepemimpinan dan solusi terhadap tantangan yang dihadapi. Artinya pendidikan agama Kristen berperan penting dalam membangun keharmonisan dan pemahaman dalam masyarakat yang majemuk dan beragam. A diverse society with various cultures, religions, and social backgrounds is becoming increasingly common in the modern world. This article discusses the importance of Christian religious education in the context of a diverse society. Christian religious education serves as a bridge for understanding among individuals with different backgrounds, facilitating the development of tolerance, mutual understanding, and cooperation in diverse communities. Christian values such as love, compassion, and justice play a crucial role in training Christian leaders to address the challenges posed by diverse societies. The article outlines the differences between Christian religious education and the practice of the Christian faith with the aim of maintaining a balance between individuals' rights to hold personal beliefs and efforts to understand and respect other cultures and religions in diverse societies. The research methodology used includes descriptive and analytical data analysis to describe the issues, objectives, Christian values in leadership, and solutions to the challenges faced. In essence, Christian religious education plays a vital role in building harmony and understanding in diverse and varied societies.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijce

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Inculco Journal of Christian Education (IJCE) adalah jurnal penelitian peer-review (proses penelusuran atas kualitas suatu karya tulis ilmiah oleh ahli lain di bidang yang bersesuaian) akses terbuka berkualitas. Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi ...