Peran guru sebagai penuntun adalah menuntun siswa dalam pengetahuan kebenaran untuk melayani Tuhan dan sesama. Kenyataannya, sekolah Kristen saat ini hanya memperlihatkan peran guru yang berfokus pada penerapan ilmu pengetahuan sehingga terjadi penurunan karakter siswa. Tujuan dari penulisan adalah menganalisis peran guru sebagai penuntun dalam pembentukan karakter siswa ditinjau dari filsafat pendidikan Kristen dengan tiga fokus kajian, yaitu filsafat pendidikan Kristen tentang peran guru sebagai penuntun, kajian teologis tentang pembentukan karakter siswa dan peran guru sebagai penuntun dalam pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah kajian literatur. Filsafat pendidikan Kristen mendorong guru Kristen membentuk karakter siswa sesuai dengan kebenaran Alkitabiah. Pandangan aksiologi memperlihatkan Alkitab sebagai landasan pengajaran dalam menuntun siswa untuk memiliki pengetahuan tentang kebenaran sejati. Peran guru sebagai penuntun harus memiliki karakter yang baik terlebih dulu sehingga siswa dapat meneladani dan mengerti karakter yang baik sesuai kebenaran Alkitabiah. Guru sebagai penuntun memperlihatkan karakter yang mencerminkan nilai-nilai Kristen serta menjadikan Alkitab sebagai dasar penuntun dan menjadi pedoman dalam membentuk karakter siswa. Guru Kristen menyadari keberadaannya sebagai rekan kerja Allah untuk menuntun dan mentransformasi siswa yang mengalami kemerosotan karakter. Saran yang diberikan adalah guru Kristen dapat menanamkan nilai-nilai Alkitabiah kepada siswa pada setiap pembelajaran dalam membentuk karakter siswa. The teacher's guiding role is to guide students in the knowledge of truth to serve the Lord and others. In fact, Christian schools today only show the role of teachers who focus on the application of science, resulting in a decline in student character. The purpose of writing is to analyze the role of the teacher as a guide in the formation of student character in terms of Christian educational philosophy with three focuses of study, namely Christian education philosophy about the role of the teacher as a guide, theological studies about the formation of student character and the role of the teacher as a guide in the formation of student character. The method used is a literature review. The philosophy of Christian education encourages Christian teachers to shape students' character according to biblical truth. The axiological view shows the Bible as a teaching foundation in leading students to a knowledge of true truth. The role of the teacher as a guide must first have good character so that students can emulate and understand good character according to biblical truth. The teacher as a guide shows character that reflects Christian values and makes the Bible as a guiding basis and guide in shaping the character of students. The Christian teacher recognizes his or her existence as God's co-worker to guide and transform students experiencing character decline. The advice given is that Christian teachers can instill biblical values in students in every lesson in shaping student character.
Copyrights © 2024