Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching
Vol 5, No 1 (2016)

PENGARUH METODE MIND MAPPING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA(Studi Eksperimen Di Kelas X MAN Cirebon 1)

fuad hidayat (Unknown)
Hadi Kusmanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2016

Abstract

Salah satu standar proses dalam pembelajaran matematika yang dirumuskan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM ) adalah belajar untuk berkomunikasi (mathematical communication). Kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa dikarenakan belum maksimalnya penggunaan metode mencatat kreatif dan model pembelajaran yang tepat. Metode mencatat kreatif yang dimaksud adalah metode mind mapping, sedangkan model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui apakah metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis, baik secara parsial maupun simultan, serta seberapa besar pengaruh metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Penelitian ini mengambil populasi kelas X MAN Cirebon 1 tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 469 siswa. Sementara sampel diperoleh dengan metode cluster random sampling, kelas yang menjadi sampel yaitu kelas X2 yang terdiri dari 47 siswa. Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan data, maka berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung (1,675) < ttabel (1,679), hal ini berarti metode mind mapping secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Demikian juga dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share tidak   berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis, karena thitung  (1,349) < ttabel  (1,679). Namun, Fhitung  (3,236) > Ftabel (3,204) hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share secara simultan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,353 yang artinya antara variabel bebas (X1 dan X2) dan terikat (Y) memiliki hubungan yang lemah, koefisien determinasi (R square) sebesar 0,125 atau 12,5% artinya besarnya pengaruh metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa adalah sebesar 12,5%. Sisanya 87,5% dipengaruhi oleh faktor lain dalam kemampuan komunikasi matematis.Kata Kunci: Mind Mapping, Think Pair Share, Komunikasi Matematis

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

eduma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDUMA scientific journal is a publication containing the results of research, development, studies and ideas in the field of Mathematics Education. Firstly published in 2009 and has been listed on PDII LIPI on May 10, 2012. Based on decree number 21/E/KPT/2018, EDUMA was has been accredited by ...