UPT SD Negeri 85 Gresik menghadapi masalah dalam pengembangan modul ajar Kurikulum Merdeka. Banyak guru yang masih kesulitan memahami dan mengimplementasi konsep Kurikulum Merdeka dalam modul ajar mereka. Hal ini berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang kurang optimal. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan guru dalam mengembangkan modul ajar Kurikulum Merdeka melalui serangkaian kegiatan workshop. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah para guru di UPT SD Negeri 85 Gresik yang berjumlah 11 orang. Metode pengabdian dimulai dengan penyuluhan untuk memberikan pemahaman awal tentang Kurikulum Merdeka. Dilanjutkan dengan pelatihan intensif tentang pembuatan modul ajar, sosialisasi paradigma baru kepada seluruh staf pengajar, workshop penyusunan modul ajar dengan pendampingan langsung dari tim pengabdian, dan pendampingan berkelanjutan. Akhirnya, dilakukan monitoring dan evaluasi untuk menilai keberhasilan dan efektivitas program. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan (hardskill) dan pengetahuan (softskill) para guru. Kemampuan guru dalam menyusun modul ajar meningkat sebesar 40%, dan pengetahuan mereka mengenai modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka meningkat sebesar 20%, berdasar hasil pre-test dan post-test. Program ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di UPT SD Negeri 85 Gresik, meskipun peningkatan nilai ekonomis tidak menjadi fokus utama dalam pengabdian ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024