Pada dasarnya pembelajaran geografi tidak hanya berisikan materi tetapi juga harus mengamati, mengobservasi, menciptakan, menerapkan serta berargumentasi dengan hasil karya yang diciptakan. Pemanfaatan media pembelajaran berupa aplikasi dapat membantu guru sebagai seorang fasilitator nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran berbasis Android “SIG ASIK” terhadap kemampuan berargumentasi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dirancang dengan posttest only control group design. Hasil post-test kemampuan berargumentasi data yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan rata-rata 69,57 dan pada kelas kontrol dengan rata-rata yang diperoleh kelas kontrol adalah 61,42. Berdasarkan data tersebut, nilai rata-rata kemampuan berargumentasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Data hasil uji T-tes berdasarkan hasil post-test kemampuan berargumentasi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,033. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test tersebut menunjukan angka 0,033 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat diketahui ada pengaruh signifikan antara media pembelajaran berbasis android “SIG ASIK” terhadap kemampuan berargumentasi siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Copyrights © 2024