Educatio Vitae


PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 12 SURABAYA

Kurniasari, Diah Dwi (Unknown)
Kumalaratri, Denok Dwi (Unknown)
Lestari, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Motivasi belajar merupakan proses internal yang mendorong peserta didik untuk melakukan kegiatan atau tugas-tugas akademik untuk mencapai tujuan belajar. peserta didik yang termotivasi pada suatu mata pelajaran, maka peserta didik tersebut akan memperoleh nilai atau hasil belajar yang memuaskan pada pelajaran tersebut. Guru memiliki peran penting dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan menyusun strategi yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar materi pengukuran dalam kerja ilmiah pada peserta didik kelas X-7 di SMAN 12 Surabaya melalui model problem-based learning (PBL) dengan pendekatan teaching at the right level (TaRL). Penelitian tindakan ini berlangsung selama 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan motivasi belajar sebesar 69 % dengan kriteria cukup, pada siklus 1 adanya peningkatan motivasi belajar menjadi 73 %, dan pada siklus 2 adanya peningkatan motivasi belajar menjadi 75 %. Peserta didik merasa senang berdiskusi secara kelompok dan juga senang apabila dikelompokkan bersama peserta didik yang memiliki level kemampuan yang sama. Dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa model PBL dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Katakunci: motivasi belajar; PBL; TaRL

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

educatiovitae

Publisher

Subject

Education

Description

Educatio Vitae adalah jurnal ilmiah online yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, dengan terbitan berkala enam bulan sekali. Educatio Vitae berdiri sejak 2 Mei ...