Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis aspek rekomendasi pada artikel ilmiah jurnal online. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun akademis 2022/2023. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tidar semester 5 merupakan populasi penelitian ini. Mereka berjumlah 38 mahasiswa. Jumlah populasi ini merupakan para mahasiswa yang submit tes keterampilan menulis rekomendasi artikel ilmiah jurnal online semester 3 sejumlah 14 mahasiswa dan semester 5 sejumlah 24 mahasiswa. Sampel ditetapkan 35 mahasiswa yang terbagi dari 13 mahasiwa semester 3 dan 22 mahasiswa semester 5 yang dipilih secara random sederhana menggunakan teknik penarikan tanpa pengembalian. Instrumen berbentuk esai tes keterampilan menulis aspek rekomendasi artikel ilmiah jurnal online yang memenuhi syarat validitas isi. Tes ini menggunakan aplikasi google form. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial paramterik yakni uji t satu sampel untuk menjawab rumusan masalah-1 dan uji t sampel independen untuk menjawab rumusan masalah-2. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis aspek rekomendasi pada artikel ilmiah jurnal online berkategori sedang. Simpulan ini berdasarkan mean keterampilan menulis aspek rekomendasi pada artikel ilmiah jurnal online sebesar 23,03 sama dengan mean pembanding sebesar 24 yang menghasilkan t uji satu sampel sebesar -1,764 pada sig. 0,083. Temuan kedua adalah keterampilan menulis aspek rekomendasi pada artikel ilmiah jurnal online berbeda menurut perspektif kelompok sampel. Simpulan ini berdasarkan mean keterampilan menulis aspek rekomendasi artikel ilmiah jurnal online untuk mahasiswa semester 3 sebesar 21,38 dan mahasiswa semester 5 sebesar 24,00 yang menghasilkan t negatif 2,492 pada sig. 0,018.
Copyrights © 2024