Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) paragraf faktual dalam LKPD terpadu untuk kelas fase C; 2) profil LKPD terpadu menggunakan teknik tes opsi pilihan ganda dalam pembelajaran terpadu fokus Bahasa Indonesia untuk kelas fase C. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun pelajaran 2023/2024 di SD Inpres 1 Tondo, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten. Sampel untuk mengukur keterbacaan paragraf berjumlah 15 siswa fase C. Instrumen penelitian terdiri atas pedoman observasi, tes kloz daftar cek-ricek, dan kuesioner. Pedoman observasi dipakai untuk memperoleh data paragraf faktual dari berbagai sumber elektronik. Instrumen tes berjenis tes kloz digunakan untuk menentukan keterbacaan paragraf faktual yang dihasilkan. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi data paragraf faktual. Kuesioner-1 dipakai untuk memvalidasi data paragraf. Kuesioner-2 dipakai untuk memvalidasi data tes opsi pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran terpadu berfokus Bahasa Indonesia. Data paragraf dianalisis secara rasional-deskriptif melalui teknik triangulasi waktu. Data tes kloz dinalisis menggunakan statistik deskriptif yakni prosedur mean dalam bentuk skor baku persen. Data yang bersumber dari kuesioner dianalisis menggunakan sistem validasi progresif melalui skala nilai 1-4. Hasil penelitian adalah: 1) tersedia 10 paragraf faktual yang saling lepas untuk bahan ajar terpadu untuk siswa fase C yang berketerbacaan sedang (masingmasing 2 paragraf bertema IPA, bertema IPS, bertema PPKn, bertema matematika, dan bertema seni budaya); 2) tersedia bahan ajar menggunakan teknik tes opsi pilihan ganda untuk pembelajaran terpadu fokus Bahasa Indonesia untuk siswa fase C (masingmasing 2 paragraf bertema IPA, bertema IPS, bertema PPKn, bertema matematika, bertema seni budaya, dan bertema PAI dan Budi Pekerti)
Copyrights © 2024