Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) RPP yang berisi aspek indikator keterampilan membaca teks cerpen profetik bagi siswa kelas 5, kegiatan belajar-mengajar keterampilan membaca teks cerpen profetik menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik, dan tes keterampilan membaca teks cerpen profetik bentuk pilihan ganda 4 opsi; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks cerpen profetik. Penelitian dilakukan di kelas 5 SDS Muhammadiyah 2 Jakarta; berlangsung pada awal semester genap 2023/2024. Populasi berjumlah 19 siswa yang mengikuti kegiatan belajar keterampilan membaca teks cerpen profetik menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik. Sampel ditetapkan sebanyak 18 siswa yang dipilih secara random tanpa pengembalian. Untuk pedoman pembelajaran digunakan RPP yang berisi aspek: 1) indikator keterampilan membaca teks cerpen profetik bagi siswa kelas 5; 2) kegiatan belajar-mengajar keterampilan membaca teks cerpen profetik menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik; 3) tes keterampilan membaca teks cerpen profetik bentuk pilihan ganda 4 opsi. Instrumen tes disusun mengikuti spesifikasi tes sehingga syarat validitas terpenuhi. Data memntah hasil tes diolah dengan cara memberi skor 1 untuk setiap jawaban benar, tetapi skor 0 untuk jawaban salah. Data mentah dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni prinsip mean, persen, dan simpangan baku. Hasil penelitian: 1) RPP berisi 10 indikator tersurat dan tersirat, 17 jenis kegiatan belajar-mengajar keterampilan membaca teks cerpen profetik menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik, dan seperangkat tes keterampilan membaca teks cerpen profetik bentuk pilihan ganda 4 opsi berjumlah 10 soal; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks cerpen profetik termasuk dalam kategori tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024