Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media balon udara dan bahan ajar khusus terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis quasi eksperimen tipe prates-postes satu bidikan. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMP Islam Terpadu Fajar Ilahi Batam. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas VII yang mengikuti rentetan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman yang menggunakan media balon udara dan bahan ajar khusus. Mereka berjumlah 30 siswa kelas ihwan. Sampel penelitian ini sebanyak 28 siswa yang ditetapkan melalui rumus statistik. Sampel ditarik secara random tanpa pengembalian dari populasi. Instrumen utama penelitian quasi eksperimen ini adalah media konvensional yakni balon udara dan bahan ajar khusus. Untuk mengumpulkan data pengaruh media balon udara dan bahan ajar khusus terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman digunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda empat opsi. Instrumen lain adalah pedoman cek-ricek yang berguna untuk memvalidasi data. Data pengaruh media balon udara dan bahan ajar khusus terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t sampel berpasangan. Penggunaan prosedur ini memenuhi syarat normalitas dan homogenitas varian populasi. Hasil penelitian memperlihatkan penggunaan media balon udara dan bahan ajar khusus berpengaruh positif terhadap hasil keterampilan membaca pemahaman.
Copyrights © 2024