JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4, No 3 (2024): Sipissangngi Volume 4, Nomor 3, September 2024

PENERAPAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS BUSINESS MODEL CANVAS DENGAN TREN DIGITAL PADA UKM RISOLLE INDONESIA KOTA PARE-PARE

Indrabayu, Indrabayu (Unknown)
Munir, Abdul Razak (Unknown)
basri, Basri (Unknown)
Ibrahim, Rafiqa Nurcahyani (Unknown)
Anisah, Siti Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM di Kota Parepare, khususnya Gerai Risolle Indonesia, melalui sosialisasi dan pelatihan berbasis Business Model Canvas (BMC) dan teknologi kecerdasan buatan (AI). Metode yang digunakan meliputi sosialisasi strategi bisnis, pelatihan penerapan teknologi, dan pendampingan intensif. Fokus utama adalah revitalisasi perencanaan bisnis, redesain kemasan, dan optimalisasi manajemen persediaan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman peserta terkait perencanaan bisnis berbasis BMC dan penggunaan AI, serta kemampuan dalam manajemen persediaan. Redesain kemasan produk berhasil meningkatkan daya tarik dan potensi pemasaran Gerai Risolle Indonesia. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing usaha di pasar yang lebih luas. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sipissangngi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Public Health Other

Description

SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar. Fokus penerbitan adalah publikasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademik dengan topik terkait pada ...