Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Vol. 3 No. 02 (2024): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren

Pengembangan Alat Evaluasi Berpikir Kreatif Berbasis Aplikasi Microsoft Sway pada Materi Teorema Pythagoras

Siswanto, Deny Hadi (Unknown)
Alghiffari, Eka Kevin (Unknown)
Andriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat evaluasi dengan Microsoft Sway untuk menilai kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi Teorema  Pythagoras. Penelitian ini berjenis pengembangan dengan tahapan model meliputi spesifikasi alat ukur, penulisan pernyataan atau pertanyaan, penelaahan pernyataan atau pertanyaan, penyusunan instrumen, uji coba, seleksi dan perakitan instrumen, administrasi instrumen dan penulisan skala dan norma. Metode analisis data melibatkan validasi ahli dan respon siswa. Hasil validitas menunjukkan bahwa semua item soal dengan kategori valid. Tingkat reliabilitas alat evaluasi mencapai 0,611, berkategori cukup. Tingkat kesukaran soal rata-rata sebesar 0,66, berkategori sedang, sementara tingkat daya pembeda rata-rata adalah 0,35, berkategori cukup. Hasil penelitian ini, yang telah divalidasi oleh ahli media sebesar 84,82%, berkategori sangat layak. Dari ahli materi sebesar 79,00%, berkategori layak. Respos siswa mencapai 93,17%, berkategori sangat tinggi. Sehingga disimpulkan bahwa pengembangan alat evaluasi berpikir kreatif berbasis aplikasi Microsoft Sway pada materi Teorema  Pythagoras layak digunakan sebagai instrumen evaluasi dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PBPSP

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, ...