Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil matematika bagi siswa tunagrahita di SLB Siwi Mulia, Madiun melalui pendekatan dan strategi pembelajaran visual. Penelitian ini meliputi strategi pembelajaran matematika, hambatan yang dialami selama pelaksanaan pembelajaran, dan respon siswa selama pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunagrahita dengan indikasi ringan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika untuk siswa tunagrahita terdiri dari aspek dalam strategi pembelajaran matematika pada anak tunagrahita yang meliputi pendekatan dan strategi pembelajaran visual lebih efektif dalam proses peningkatan hasil belajar matematika, hambatan yang dialami peneliti selama pembelajaran antara lain yaitu dikarenakan minimnya daya ingat siswa tunagrahita, sehingga diperlukan ekstra dalam penyampaian materi dengan media visual dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024