MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 2 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2024

Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Anak Tunagrahita SLB Siwi Mulia Madiun Melalui Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Visual

Safera, Della Dwi (Unknown)
Purwaningsih, Riani (Unknown)
Triasroza, Alrohma Nikmawati (Unknown)
Darmadi, Darmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil matematika bagi siswa tunagrahita di SLB Siwi Mulia, Madiun melalui pendekatan dan strategi pembelajaran visual. Penelitian ini meliputi strategi pembelajaran matematika, hambatan yang dialami selama pelaksanaan pembelajaran, dan respon siswa selama pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunagrahita dengan indikasi ringan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika untuk siswa tunagrahita terdiri dari aspek dalam strategi pembelajaran matematika pada anak tunagrahita yang meliputi pendekatan dan strategi pembelajaran visual lebih efektif dalam proses peningkatan hasil belajar matematika, hambatan yang dialami peneliti selama pembelajaran antara lain yaitu dikarenakan minimnya daya ingat siswa tunagrahita, sehingga diperlukan ekstra dalam penyampaian materi dengan media visual dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...