Siswa tunagrahita adalah grub siswa yang memiliki kebutuhan khusus dalam belajar, yang membutuhkan perhatian khusus dalam proses pembelajaran. Studi awal menunjukan adanya kesulitan siswa tunagrahita dalam pembelajaran bilangan bulat. Dalam studi ini, dilakukan analisis teori tentang pembelajaran matematika dan pemecahan masalah matematis, serta analisis kesulitan siswa tunagrahita dalam pembelajaran bilangan bulat. Metode kualitatif d seperti observasi, interview, atau kajian dokumen igunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media gambar dapat menjadikan alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa anak tunagrahita dapat meningkatkan kemampuan berhitung bilangan bulat dengan menggunakan media menggambar. Hasil studi ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan pendidik dalam mengembangkan program dan pendidik dalam mengembangkan program pembelajaran yang lebih efektif dan efesien untuk siswa tunagrahita.
Copyrights © 2024