MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 2 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2024

Pembelajaran Bilangan Bulat pada Siswa Tunagrahita di SLB Siwi Mulia

Musriyani, Iin (Unknown)
Mujiastutik, Dhea Putri (Unknown)
Andriani, Laura Ikhsa (Unknown)
Darmadi, Darmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2024

Abstract

Siswa tunagrahita adalah grub siswa yang memiliki kebutuhan khusus dalam belajar, yang membutuhkan perhatian khusus dalam proses pembelajaran. Studi awal menunjukan adanya kesulitan siswa tunagrahita dalam pembelajaran bilangan bulat. Dalam studi ini, dilakukan analisis teori tentang pembelajaran matematika dan pemecahan masalah matematis, serta analisis kesulitan siswa tunagrahita dalam pembelajaran bilangan bulat. Metode kualitatif d seperti observasi, interview, atau kajian dokumen igunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media gambar dapat menjadikan alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa anak tunagrahita dapat meningkatkan kemampuan berhitung bilangan bulat dengan menggunakan media menggambar. Hasil studi ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan pendidik dalam mengembangkan program dan pendidik dalam mengembangkan program pembelajaran yang lebih efektif dan efesien untuk siswa tunagrahita.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...