MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 3 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2024

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kaibon 01 pada Materi PKn Melalui Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning)

Wahyudi, Agung Susilo (Unknown)
Eko, Bambang (Unknown)
Kusuma, Gita Enggawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2024

Abstract

Model pembelajaran Problem Based learning adalah model yang berpusat pada siswa. Dengan keterlibatan siswa secara langsung dalam pembelajaran maka akan menjadikan siswa lebih termotivasi untuk belajar sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V dengan menerapkan model Problem Based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Kaibon 01. Subjek penelitian ini berjumlah 5 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan persentase ketuntasan siswa, pada prasiklus jumlah siswa yang tuntas adalah 40%, pada siklus I mengalami peningkatan, yakni siswa yang tuntas sebanyak 60%, selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yakni 80% tuntas. Peningkatan ini juga terlihat dari nilai rata-rata siswa yakni 65,8 pada prasiklus, 75 pada siklus I dan 90 pada siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...