Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di SDN 1 Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran pada kelas V SDN melalui penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini mengggunakan lembar observasi yang dilakasanakan didalam kelas dan pengisian angket setelah pembelajaran berlangsung. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN 1 Mataram yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan pada proses pembelajaran dengan perolehan data keaktifan pada saat pra siklus yaitu dari 38 siswa terdapat 20 peserta didik aktif dengan persentase 54%, meningkat menjadi 65% dan meningkat lagi menjadi 95% pada siklus II. Peningkatan keaktifan siswa terjadi dikarenakan peserta didik telah memahami konsep pembelajaran Tematik melalui konten, proses dan produk yang terdapat dalam pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan peserta didik lebih berantusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
Copyrights © 2023