Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): Juli-Desember

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Menggunakan Media Loosepart Pada Kelompok B1 Usia 5-6 Tahun di PAUD Rinjani DW Universitas Mataram

Zuhra, Halimatu (Unknown)
Astawa, I Made Suwasa (Unknown)
Takasun, Takasun (Unknown)
Maharani, Maharani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Kognitif merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak kelompok B usia 5-6 tahun menggunakan media Loose Part di PAUD Rinjani Universitas Mataram. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Tekhnik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi menggunakan instrumen observasi dan juga dokumentasi. Tekhnik analisis data melalui deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berusia 5-6 tahun di PAUD Rinjani Universitas Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada kemampuan kognitif dengan menggunakan media loose part pada anak usia 5-6 tahun dari Pretest, siklus I, dan siklus II. Hal ini terbukti dari hasil penelitian bahwa rata-rata evaluasi sebelum tindakan 50%, setelah siklus 1 71%, siklus II 91%. Simpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media loose part dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di PAUD Rinjani Universitas Mataram.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...