Penelitian ini menerapkan pembelajaran menggunakan media powerpoint interaktif dari aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata mata pelajaran matematika materi bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya sehingga membantu peserta didik dalam memahami dan mengingat materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan bagaimana penerapan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis aplikasi canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar, kelas III SDN 24 Ampenan. 2) mendeskripsikan peningkatan keberhasilan penerapan media pembelajaran powerpoint interaktif dari aplikasi canva dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar, kelas III SDN 24 Ampenan. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan di SDN 24 Ampenan dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas Peserta didik dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi lebih baik. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) penerapan penggunaan media powerpoint interaktif berbasis aplikasi canva dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar menunjukkan presentase rata-rata ketuntasan sebesar 66,66%, jika dibandingkan dengan sebelum penerapan media sebesar 33,33%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023