Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran project based learning di kelas IV A SDN 24 Ampenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)dengan menggunakan desain Lesson Study. Subyek penelitian adalah kelas IV B SDN 24 Ampenan yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada Pelaksanaannya setiap siklus menggunakan kerangka lesson study yaitu dengan tiga tahap Plan (perencanaan), do (Pelaksanaan), dan see (Refleksi). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan belajar dari siklus I ke Siklus II. presentase pada siklus I 71,3% sedangkan pada siklus II 83,7%. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Dengan demikia, berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learnig dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada kelas IV B SDN 24 Ampenan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023