Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): Juli-Desember

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 24 Ampenan

Hadijah, Siti (Unknown)
Zain, Moh. Irawan (Unknown)
Thalha, Thalha (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran project based learning di kelas IV A SDN 24 Ampenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)dengan menggunakan desain Lesson Study. Subyek penelitian adalah kelas IV B SDN 24 Ampenan yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada Pelaksanaannya setiap siklus menggunakan kerangka lesson study yaitu dengan tiga tahap Plan (perencanaan), do (Pelaksanaan), dan see (Refleksi). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan belajar dari siklus I ke Siklus II. presentase pada siklus I 71,3% sedangkan pada siklus II 83,7%. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Dengan demikia, berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learnig dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada kelas IV B SDN 24 Ampenan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...