Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): Juli-Desember

Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Metode Problem Based Learning Kelas V SDN 3 Mataram

Tanata, Wahyu (Unknown)
Musahadah, Musahadah (Unknown)
Zain, Moh. Irawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat keterampilan siswa kelas V SDN 3 Mataram dalam menulis cerita pendek menggunakan metode Problem Based Learning. Pada penelitian ini diterapkan pendekatan Penelitian tindakan kelas. Salah satu bentuk penilaian pada keterampilan menulis cerpen siswa adalah dengan melihat kelengkapan unsur intrinsik pada cerpen siswa. Sumber data pada penelitian ini yaitu hasil karya cerpen siswa yang berjumlah 27 cerpen. Hasil karya menulis cerpen siswa dipenelitian tindakan kelas dan dideskripikan berdasarkan usur intrinsik cerpen yaitu tema, tokoh, latar, alur, dan amanat. Berdasarkan tolak ukur penilaian ketermpilan menulis cerpen siswa dikategorikan sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Hasil penelitian tindakan kelas ketermpilan menulis cerpen, siswa yang berkategori sangat baik berjumlah 11 siswa dengan pesentase 40,74%. 4 siswa berkategori baik dengan persentase 14,81%. 4 siswa berkategori cukup dengan persentase 14,81%. 7 siswa berkategori kurang dengan persentase 25,92% dan 1 siswa memperoleh kategori sangat kurang dengan persentase 3,70%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampian menulis cerpen siswa kelas V SDN 3 Mataram berkategori baik, sesuai perhitungan jumlah nilai keseluruhan 1883 dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 69,74. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada guru untuk lebih giat memberikan latihan menulis kepada siswa, terutama menulis cerpen agar kemampuan menulis cerpen siswa lebih baik. dan bagi peneliti selajutnya untuk menganalisi keterampilan menulis cerpen siswa sekolah dasar dikelas yang lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...