Pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan sederhana pada anak merupakan salah satu kemampuan yang harus dicapai dalam persiapan mereka untuk memasuki Pendidikan Dasar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dilapangan pada kegiatan PPL II, ditemukan bahwa pada anak kelompok B1 di TKN Pembina Mataram dalam mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan masih belum maksimal. Beberapa anak masih belum mengenal konsep dan lambang bilangan sehingga dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan 1-10 juga tidak maksimal dan membingungkan bagi mereka. Maka dari itu diperlukan penerapan media papan berhitung untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan sederhana 1-10. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu pra siklus (pretest), siklus I dan siklus II untuk memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan. Pada siklus I persentase perolehan sebesar 38,64% yang berarti kurang maksimal. Kemudian dilanjutkan dengan memberi tindakan pada siklus II, setelah dilakukannya penelitian pada siklus II ini persentase nilai rata-rata anak menjadi meningkat 84%. Dari hasil yang diperoleh terdapat peningkatan yang membuktikan bahwa dengan adanya media papan berhitung dapat meningkatan kemampuan mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan sederhana.
Copyrights © 2023