Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Vol 13 No 2 (2024): Forum Bisnis Dan Kewirausahaan

PENGARUH WOM (WORD OF MOUTH) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DIMEDIASI OLEH KUALITAS PELAYANAN DI SINCERA CLINIC PALEMBANG

Aprilia, Aprilia (Unknown)
Suprani, Yun - (Unknown)
Hakimah, Yusro (Unknown)
Said, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2024

Abstract

ABSTRAK Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan WOM (Word Of Mouth) terhadap kepuasan konsumen dimediasi oleh kualitas pelayanan. Pengumpulan data dilakukan melalui survey dengan cara membagikan kuesioner kepada 100 responden. Data dianalisis menggunakan PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Modeling) dengan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Word Of Mouth memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, (2) Word Of Mouth memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (3) kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. (4) kualitas pelayanan memiliki pengaruh tidak langsung atau memediasi WOM (Word Of Mouth) terhadap kepuasan konsumen melalui kualitas pelayanan. Kata kunci: Word Of Mouth, kepuasan konsumen dan kualitas pelayanan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

forbiswira

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FORBISWIRA , Forum Bisnis dan Kewirausahaan merupakan jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh STIE Multi Data Palembang (MDP Business School), Indonesia. Merupakan media bagi para dosen, mahasiswa, alumni, dan peneliti lainnya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan paper yang berisi ...