Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Penggunaan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SD Kristen Lau-Lau Kabupaten Kepulauan Aru

Palaler, Ania Tabita (Unknown)
Mardiana, Ninik (Unknown)
Martono , Boedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Membaca merupakan sarana yang utama bagi setiap anak untuk mengetehui isi pesan yang dimaksud membeca berpengaruh penting bagi anak usia dini agar dapat mengetahui sesuatu hal yang belum di ketahui. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan upaya peningkatan ketrampilan membaca pemula siswa melalui penggunaan kartu huruf dikelas I SD Kristen Lau-Lau Kabupaten Kepulauan Aru Kecamatan Pulau-Pulau Aru. 2) Mendeskripsikan penggunaan bentuk media kartu huruf dapat menambah semangat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakakan adalah penelitian tindak kelas (PTK). Hasil yang di peroleh siswa SD Kristen lau-lau dalam membaca pemula pada siklus I nilai yang diperoleh ke-11 siswa kurang memuaskan dengan rata-rata nilai 54 dan hasilnya pada siklus II ke-9 siswa memenuhi keriteria ketuntasan minimal dan ke 2 siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Aktifitas siswa pada siklus I yaitu 4 siswa atau 36% terlihat cukup semangat dan sisanya 7 siswa atau 64% terlihat bersemangat, pada siklus ke II aktivitas semangat siswa yaitu 2 siswa atau 18% terlihat semangat dan sisanya 9 siswa atau 82% terlihat sangat bersemangat. Maka dapt disimpulkan bahwa dengan menggunakan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca pemula siswa di kelas I SD Kristen Lau-Lau mengalami peningkatan. Kata kunci : membaca pemula,kartu huruf, semangat siswa, PTK. Membaca merupakan sarana yang utama bagi setiap anak untuk mengetehui isi pesan yang dimaksud membeca berpengaruh penting bagi anak usia dini agar dapat mengetahui sesuatu hal yang belum di ketahui. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan upaya peningkatan ketrampilan membaca pemula siswa melalui penggunaan kartu huruf dikelas I SD Kristen Lau-Lau Kabupaten Kepulauan Aru Kecamatan Pulau-Pulau Aru. 2) Mendeskripsikan penggunaan bentuk media kartu huruf dapat menambah semangat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakakan adalah penelitian tindak kelas (PTK). Hasil yang di peroleh siswa SD Kristen lau-lau dalam membaca pemula pada siklus I nilai yang diperoleh ke-11 siswa kurang memuaskan dengan rata-rata nilai 54 dan hasilnya pada siklus II ke-9 siswa memenuhi keriteria ketuntasan minimal dan ke 2 siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Aktifitas siswa pada siklus I yaitu 4 siswa atau 36% terlihat cukup semangat dan sisanya 7 siswa atau 64% terlihat bersemangat, pada siklus ke II aktivitas semangat siswa yaitu 2 siswa atau 18% terlihat semangat dan sisanya 9 siswa atau 82% terlihat sangat bersemangat. Maka dapt disimpulkan bahwa dengan menggunakan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca pemula siswa di kelas I SD Kristen Lau-Lau mengalami peningkatan. Kata kunci : membaca pemula,kartu huruf, semangat siswa, PTK.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...