Metodik Didaktik
Vol 20, No 1 (2024): Metodik Didaktik Juli 2024

Best Practice : Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Reduce, Reuce, Recycle di SDN Mangge 2

Boling, Theresia Exanthi (Unknown)
Sari, Dhita Ayu Permata (Unknown)
Subekti, Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada hasil implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan melalui kegiatan Reduce, Reuse, Recycle dalam rangka menanamkan pendidikan karakter di SDN Mangge 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui refleksi kegiatan guna peningkatan mutu pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data dari hasil refleksi praktik pembelajaran yang dilakukan penulis dan angket siswa. Dari hasil praktik, Kegiatan Reduce, Reuse, Recycle yang dilakukan untuk pengembangan karakter mampu memberikan pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar. Implementasi P5 tidak hanya tentang melindungi lingkungan, tetapi juga membentuk nilai-nilai karakter seperti kepedulian, tanggung jawab, gotong-royong, dan kesadaran akan dampak tindakan manusia terhadap lingkungan yang ditanamkan sejak dini di bangku sekolah dasar.

Copyrights © 2024