Metodik Didaktik
Vol 20, No 1 (2024): Metodik Didaktik Juli 2024

Pengaruh Wordwall Game-Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skils

Kusumaningtyas, Anisa Wahyu (Unknown)
Yuniawatika, Yuniawatika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Di era digital seperti sekarang ini, banyak sekali bermunculan teknologi yang bisa dipilih untuk metode game-based learning yang digunakan dalam pembelajaran, seperti pemanfaatan media wordwall. Oleh karena itu tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh wordwall game-based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar pada materi siklus air. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Eksperimen yang dipilih ialah pre-experiment. Penelitian ini dilakukan dengan sampel sebanyak 21 anak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan wawancara. Instrumen tes ini akan diberikan 6 soal HOTS pada siswa. Soal ini digunakan untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada ranah kognitif. Kemudian data dianalisis menggunakan SPSS 26 dengan uji normalitas sebagai syarat menuju uji paired sample t test karena data berdistribusi normal. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh wordwall game-based learning terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa sekolah dasar pada materi siklus air. Dimana ditunjukkan dengan hasil uji paired sample t test bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0, 005 0,05. Hendaknya guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan STEAM terutama pada pengintegrasian teknologi menggunakan wordwall. Hal tersebut dikarenakan ada pengaruh yang baik pada digunakannya wordwall terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024