Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Dasar dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tinjauan literatur sistematis bibliometrik dengan menggunakan metode prisma. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Publish or Perish dan juga Vosviewer. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan artikel yang terbit pada tahun 2019-2023. Penelitian ini meliputi beberapa langkah yaitu merumuskan pertanyaan penelitian, melakukan pencarian tinjauan literatur secara sistematis, menyaring dan memilih artikel penelitian yang sesuai, melakukan analisis dengan sintesis temuan kualitatif, menerapkan pengendalian kualitas, dan menyiapkan laporan akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari artikel penelitian terdahulu yang relevan dengan kata kunci “pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Dasar”. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat hambatan-hambatan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Dasar yang dapat diatasi dengan mengikuti pelatihan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka.
Copyrights © 2024