Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Vol 9, No 2 (2024): VOLUME 9 NUMBER 2 MEI 2024

IMPLEMENTASI NILAI NASIONALISME PERJUANGAN BRIGJEND HASSAN BASRY DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII DI SMAN 2 BANJARMASIN

Al Rifani, Ahmad Nurdin (Unknown)
Syaharuddin, Syaharuddin (Unknown)
Nadilla, Dewicca Fatma (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Proses perjuangan rakyat Kalimantan Selatan tidak luput dari peran penting tokoh yang bernama Hassan Basry, berpuncak pada saat Brigjen Hassan Basry membacakan proklamasi yang saat ini dikenal dengan Proklamasi 17 Mei. Era sekarang anak muda Kalimantan selatan banyak yang tidak mengetahui tokoh–tokoh nasional terutama di daerah Kalimantan Selatan tokoh Brigadir Jendral Hassan Basry. Tujuan penelitian mendeskripsikan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) evaluasi pembelajaran dari nilai nasionalisme perjuangan Brigjend Hassan Basry dalam pembelajaran Sejarah di kelas XII SMAN 2 Banjarmasin. Metode dalam penelitian metode deskriptif kualitatif Data dikumpulkan dari observasi dan wawancara mendalam. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik snowball sampling Hasil penelitian menunjukan bahwa pada perencanaan dimulai dengan pembuatan RPP dalam persiapan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kompetensi dasar. Pelaksanaan nilai nasionalisme Brigjend Hasan basri terealisasi sesuai dengan dengan model discovery learning terdiri dari pemberian rangsangan, pengolahan data, serta pembuktian. Evaluasi pelaksanaan implementasi berbentuk essay, yang memungkinkan untuk menguji hasil pemahaman peserta didik terhadap materi yang sudah dipelajari.  Dapat disimpulkan  implementasi nilai nasionalisme perjuangan Brigjend Hassan Basri di SMAN 2 Kota Banjarmasin berjalan cukup baik meskipun terdapat permasalahan yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JurnalPIPSI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social ...