Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia
Vol 9, No 2 (2024): VOLUME 9 NUMBER 2 MEI 2024

ANALISIS PENERAPAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANTARETNIS SISWA KELAS V DI SDN 06 PARIT MAS

Mertika, Mertika (Unknown)
Angelina, Helen Tri (Unknown)
Kariadi, Dodik (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai multikultural siswa kelas V SDN 06 Parit Mas; 2) untuk mendeskripsikan interaksi sosial siswa kelas V SDN 06 Parit Mas. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ada 8 orang siswa kelas V SDN 06 Parit Mas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi langsung berupa lembar wawancara penerapan nilai-nilai multikultural siswa, teknik pengukuran berupa lembar observasi interaksi sosial siswa Teknik analisis data menggunakan teknik analisis oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: siswa kelasĀ  V dapat saling bertoleransi dan menghargai satu sama lain sehingga dapat tercipta hidup yang rukun. Kemudian, siswa kelas V selalu menjunjung tinggi nilai-nilai multikultural yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya ialah mereka dapat saling menghargai pendapat temannya yang lain. Selanutnya, siswa kelas V juga dapat hidup berdampingan tanpa membeda-bedakan suku atau etnis. Selain itu, siswa kelas V dapat menyampaikan maupun menghargai pendapat temannya dengan baik pada saat pembelajaran walaupun ditemukan satu orang siswa yang masih belum dapat menyampaikan pendapat dengan baik. Siswa kelas V juga meyakini perbedaan etnis yang ada dilingkungan sekolahnya. Dengan demikian, siswa kelas V dapat saling menghargai, bertoleransi, menjunjung tinggi nilai-nilai multikultural dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JurnalPIPSI

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is a Journal in the field of social sciences education: teaching, development, instructional, educational project and innovations, learning methodologies and new technologies in educational and learning and the other issues for social ...