Verbal bullying merupakan salah satu jenis bullying yang paling mudah dan sering dilakukan oleh seseorang, khususnya peserta didik. Perilaku verbal bullying yang terus dibiarkan dapat memicu jenis bullying yang lainnya. Perlunya memberikan pemahaman serta upaya untuk mengurangi perilaku verbal bullying sangat penting dilakukan supaya peserta didik memiliki karakter yang mencerminkan seorang pelajar. Seperti yang dialami oleh peserta didik di tingkat sekolah menengah di Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konseling individu dengan teknik behavior contract dalam mengurangi perilaku verbal bullying terhadap peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan satu subjek penelitian, dengan desain A-B-A yang dimana proses penelitian ini berlangsung dengan 3 tahapan. Tahapan pertama penelitian melakukan baseline A1 sebanyak 3 kali pertemuan. Kemudian peneliti memberikan treatment pada fase intervensi (B) sebanyak 6 kali pertemuan. Dan tahap terakhir yaitu baseline A2 sebanyak 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024