JURNAL ABDIKARYASAKTI
Vol. 4 No. 1 (2024): April

PELATIHAN PEMANFAATAN MARKETPLACE SEBAGAI STRATEGI MEMPERLUAS PANGSA PASAR BAGI KOMUNITAS UMKM INDONESIA TERPADU (DUIT)

Masnita, Yolanda (Unknown)
Nurhaida, Dida (Unknown)
Arafah, Willy (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Pelaku usaha yang tergabung dalam komunitas UMKM Indonesia Terpadu, masing – masing telah memiliki usaha. Usaha sudah berjalan, tetapi masih kesulitan untuk mengembangkannya. Memperluas pasar dan menambah omset menjadi persoalan utama bagi keberlangsungan usaha. Beberapa pelaku usaha merasa bahwa pasar sudah jenuh dan tidak bisa berkembang lagi. Mengenalkan market place, berbisnis dengan bantuan digitalisasi menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan pasar. Mengenal lebih komprehensif tentang berjualan online, sangat dibutuhkan oleh anggota komunitas UMKM Indoneisa Terpadu. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengenalkan bagaimana strategi sukses berjualan di marketplace. Materi meliputi: (i) cara membuka toko online di Tokopedia mulai dari nol; (ii) strategi sukses berjualan di marketplace (analisa, implementasi, dan operasional); (iii) cara memanfaatkan tools promosi di Tokopedia untuk meningkatkan penjualan. Metode pelaksanaan diawali dengan jajak pendapat dilakukan diawal kegiatan, untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah, sehingga mengerucut pada masalah utama. Kesulitan mengembangkan pangsa pasar menjadi topik utama untuk keberlangsungan usaha, beberapa pelaku usaha merasa bahwa pasar sudah jenuh dan tidak bisa berkembang lagi. Pada kesempatan kali ini Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti, akan memberikan pelatihan dan pembekalan mengenai pemanfaatan Marketplace untuk memperluas jangkauan pemasaran produk. Materi ini belum pernah diberikan dan sangat dibutuhkan sebagai solusi permasalahan bagi anggota komunitas saat ini. Peserta sangat antusis dan aktif saat mengikuti sesi pelatihan. Hasil evaluasi memununjukan bahwa pengetahuan dan keterampilan peserta meningkat saat post-test. Hasil evaluasi terhadap kegiatan menunjukkan bahwa peserta sangat puas dengan adanya pelatihan ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdisakti

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ABDIKARYASAKTI merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti. Fungsinya untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan karya ilmiah berupa penerapan pemikiran konseptual dan ide-ide dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang telah ...