Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol 9, No 2 (2024)

ANALISIS PREKONSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP KONSEP REAKSI OKSIDASI REDUKSI, KONTEKS FLARE, DAN HUBUNGAN KEDUANYA

Safitri, Nina (Unknown)
Syuhada, Feri Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prekonsepsi peserta didik terhadap konsep reaksi oksidasi reduksi (redoks), konteks flare, dan hubungan keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian mengacu pada komponen kedua Model Of Educational Reconstruction (MER), yaitu studi empiris terkait dengan prekonsepsi peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar prekonsepsi yang diberikan kepada 25 orang peserta didik kelas XI IPA. Data penelitian yang diperoleh berupa tranksrip hasil jawaban peserta didik pada lembar prekonsepsi yang dijabarkan secara kualitatif menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya peserta didik sudah mempelajari dan mengetahui konsep reaksi oksidasi reduksi tetapi masih belum mampu memahami konsep seutuhnya. Konteks flare sendiri dikalangan peserta didik cukup dikenal, namun pengetahuan peserta didik tentang flare masih sedikit dimana banyak peserta didik yang belum mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan flare apalagi mengaitkannya dengan konsep reaksi oksidasi reduksi. Meskipun begitu, peserta didik memiliki pandangan yang cukup terbuka terhadap penerapan konteks flare ke dalam materi pembelajaran kimia reaksi oksidasi reduksi.    

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...