Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 1 (2024): Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Penerapan Media Pembelajaran Articulate Storyline pada Pelajaran Bahasa Indonesia

Nafia, Jauza Zulfa (Unknown)
Nurhamidah, Didah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Seorang pengajar yang baik harus memilih media pembelajaran yang sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon pengguna dari media yang peneliti buat, apakah media ini cocok diterapkan untuk pelajaran bahasa Indonesia, dan kekurangan serta kelebihan dari media yang peneliti buat, selain itu untuk mengetahui seberapa banyak orang yang sudah kenal dengan media Articulate Storyline. Objek penelitiannya adalah respon dari mahasiswa PBSI semester 5 UIN Jakarta terhadap media yang dibuat peneliti dengan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner menggunakan Google Form dan dianalisis dengan rumus persentase P = (F/N) X 100%. Respon pengguna dari hasil kuesioner ditemukan bahwa semua responden setuju jika media ini cocok dan sesuai digunakan dalam pelajaran bahasa Indonesia yaitu sebanyak 55,45% menjawab setuju dan sisanya menjawab sangat setuju, tetapi menurut data banyak responden yang belum tahu mengenai media ini. Sebanyak 33,3% responden ingin menerapkan media articulate storyline sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia, namun sisanya masih ragu-ragu. Artikel ini diharapkan supaya semakin banyak yang tahu dan menerapkan media Articulate Storyline sebagai media pembelajaran di sekolah.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hortatori

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Hortatori: Journal of Language Studies is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in ...