BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 5 No 2 (2023): BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya

Model Pembelajaran Tipe Giving Questions And Getting Answers (GQGA) untuk Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Nino, Syamsiara Nur (Unknown)
Jirana (Unknown)
M Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Keterampilan berpikir kritis adalah kapasitas untuk menganalisis keadaan secara cermat dan menyeluruh serta menghasilkan jawaban. Tujuannya untuk mengetahui apakah pemanfaatan model GQGA berdampak pada meningkatnya keterampilan berpikir kritis siswa. Terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilibatkan dalam eksperimen semu dengan menggunakan metodologi kuantitatif. SMA Negeri 1 Tinambung yang terletak di Layonga Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar menjadi lokasi penelitian. Teknik purposive sampling dimanfaatkan dengan memilih sampel sebanyak 31 siswa X MIA 1 dan 33 siswa X MIA 2 yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Dengan menggunakan SPSS versi 24, metode analisis data berupa analisis statistik inferensial dan deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan adanya nilai berbeda dari keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan GQGA dan yang tanpa diberikan perlakuan. Rerata nilai kelas eksperimen sebesar 83,71, sedangkan nilai kelas kontrol hanya 67,18. Pendekatan pembelajaran kooperatif tipe GQGA ternyata memberikan dampak terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinambung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bioma

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya diterbitkan oleh  Universitas Sulawesi Barat. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) dengan tujuan sebagai media komunikasi ilmiah bidang Biologi dan pembelajarannya yang diangkat dari hasil penelitian atau studi literature. Redaksi menerima ...