JURNAL SWARNABHUMI
Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN PREZI PRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMAN 17 SURABAYA

Wibawati, Suhita Arih (Unknown)
Rindawati, Rindawati (Unknown)
Prastono, Baris Juni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Berdasarkan hasil observasi permasalahan di Kelas X-5 SMAN 17 Surabaya yaitu rendahnya hasil belajar geografi. Hasil belajar geografi memiliki rerata skor 59,03. Penilaian hasil belajar berdasarkan analisis aspek: 1) peserta didik, 2) guru, 3) sarana-prasarana, dan 4) proses pembelajaran. Penyebab permasalahan tersebut yaitu model pembelajaran yang digunakan belum sesuai dan media belum bervariasi. Pemilihan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Prezi Presentation diterapkan guna meningkatkan hasil belajar geografi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dengan masing-masing 5 langkah. Lokasi penelitian di SMAN 17 Surabaya Kelas X-5 dengan jumlah 36 peserta didik pada semester genap 2022/2023. Teknik pengambilan data yaitu tes lima soal uraian dan non tes melalui lembar observasi, lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif melalui pengukuran hasil belajar geografi di akhir. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat peningkatan skor 11,25 atau 41,3%. Rerata hasil belajar geografi pada siklus I adalah 73,89 menjadi 85,14 pada siklus II. Berdasarkan hasil peningkatan skor disimpulkan bahwa model PBL berbantuan Prezi Presentation dapat meningkatkan hasil belajar geografi. Penggunaan aplikasi Prezi Presentation memudahkan guru melaksanakan proses pembelajaran di luar kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

swarna

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Swarnabhumi is a scientific and education journal managed and published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI University of ...