Bencana alam merupakan sebuah peristiwa atau serangkaian peristiwa alam yang disebabkan oleh alam itu sendiri. Selama ini kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam seperti bencana gempa bumi dan tsunami sangatlah minim. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat tentang bencana gempa bumi dan tsunami, sedikitnya pelatihan/edukasi mitigasi bencana kepada masyarakat yang mengakibatkan masyarakat tidak memiliki kesiapan untuk menghadapi bencana tersebut. Dengan pembelajaran berbasis game ini dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting pembelajaran yaitu emosi, kecerdasan dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi game edukasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami. Maka tujuan dari penelitian ini yaitu merancang game edukasi yang menarik dan mampu memberi informasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana gempa bumi dan tsunami serta menerapkan game edukasi ini dalam membangun pengetahuan masyarakat untuk menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami. Metode penelitian yang digunakan yaitu penrlitian kuantitatif berupa penelitian eksperimen. Untuk membuat aplikasi ini menggunakan aplikasi unity sebagai platform membuat aplikasi game dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah C#. Aplikasi ini digunakan di handphone dengan menggunakan versi android 5.0.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024